Pantai Pangandaran, Inilah Destinasi Wisata Pantai Pangandaran Yang Harus Kamu Ketahui

Pangandaran Beach, This is the Pangandaran Beach Tourist Destination You Must Do

Pangandaran Hari Ini, Info Kondisi Cuaca Pangandaran
Pangandaran Hari Ini, Info Kondisi Cuaca Pangandaran

Pantai Pangandaran – Pangandaran adalah Objek Wisata paling Populer di Wilayah Provinsi Jawa Barat akan keindahan Pantai dan Wisata alamnya. Selain menikmati Pantai, di Pangandaran kamu bisa melakukan Body Rafting menyusuri sungai dengan alam yang indah dan alami.

Kabupaten Pangandaran terkenal dengan Objek Wisata yang Indah. Bisa dibilang Pangandaran adalah Objek Wisata paling populer di provinsi Jawa Barat.

Pangandaran adalah Kabupaten di Jawa Barat yang dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis yang telah berdiri sendiri (Pemekaran) Menjadi Kabupaten Pangandaran.

Apakah Pangandaran Ada Di Bandung?

Pangandaran tepatnya ada di Jawa Barat. Pangandaran adalah nama sebuah desa, nama sebuah kecamatan, nama sebuah Kabupaten dan juga nama obyek wisata.

Pangandaran terletak di bagian tenggara Provinsi Jawa Barat, jaraknya sekitar 200 KM dari Bandung dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Pantai Pangandaran Dimana, Masuk Kota Apa?

Pantai Pangandaran ada di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Pangandaran awalnya adalah bagian dari Kabupaten Ciamis.

Pantai Pangandaran terletak di Desa Pananjung dengan jarak 92 km dari Kota Ciamis ke arah selatan. Dari arah Bandung berjarak sekitar 212 KM dengan melewati jalur Bandung – Ciamis – Banjar dan Pangandaran.

Kabupaten Pangandaran terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2012 tentang Pembentukan Kabupaten Pangandaran di Provinsi Jawa Barat.

Dalam UU tersebut disebutkan bahwa Kabupaten Pangandaran berasal dari sebagian wilayah Kabupaten Ciamis, yang terdiri dari Kecamatan Parigi, Kecamatan Cijulang, Kecamatan Cimerak, Kecamatan Cigugur, Kecamatan Langkaplancar, Kecamatan Mangunjaya, Kecamatan Padaherang, Kecamatan Kalipucang, Kecamatan Pangandaran dan Kecamatan Sidamulih.

Ibu Kota Kabupaten Pangandaran berkedudukan di Kecamatan Parigi. Salah satu potensi terbesar yang dimiliki Kabupaten Pangandaran adalah pariwisata.

Terdapat banyak objek wisata favorit baik oleh turis mancanegara maupun domestik yang terdapat di Kabupaten Pangandaran.

Apa Yang Terkenal Dari Pangandaran?

Pangandaran terkenal dengan wisata alam yang begitu menakjubkan. Wilayah Pangandaran yang berbatasan langsung dengan laut membuatnya memiliki beragam destinasi pantai yang indah dan juga destinasi wisata sungainya yang tak kalah indah serta menawarkan petualangan air yang seru dan menarik.

Destinasi Wisata Di Pangandaran

Pantai Pangandaran hanyalah satu dari sekian banyaknya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran. Pantai Pangandaran adalah destinasi wisata utama.

Jika kamu mengunjungi Pangandaran, berikut beberapa destinasi wisata lain yang ada di Kabupaten Pangandaran yang bisa kamu kunjungi dan nikmati keseruan dan keindahannya.

Beberapa objek wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Pangandaran selain Pantai Pangandaran adalah sebagai berikut:

Objek Wisata Pantai di Pangandaran

Setidaknya terdapat 6 Objek Wisata yang populer di Kabupaten Pangandaran yaitu:

  1. Pantai Pangandaran
  2. Pantai Batu Hiu
  3. Pantai Batu Karas
  4. Pantai Madasari
  5. Pantai Karapyak
  6. Pantai Karangnini.

Objek Wisata Sungai di Pangandaran

Bagi kamu yang ingin menikmati wisata alam selain Pantai di Pangandara, terdapat 6 Objek Wisata sungai yang populer di Pangandaran yaitu:

  1. Green Canyon (Cukang Taneuh)
  2. Citumang
  3. Santirah
  4. Batulumpang
  5. Ciwayang

Sekilas Pantai Pangandaran & Spot Yang Bisa Kamu Kunjungi

Pantai Pangandaran Jawa Barat

Pantai Pangandaran adalah objek wisata utama yang ada di Kabupaten Pangandaran. Objek wisata Pantai Pangandaran sendiri terdapat dua spot yaitu Pantai Barat Pangandaran & Pantai Timur Pangandaran. Terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran memiliki berbagai keistimewaan seperti:

  • Hamparan pantai yang indah dengan karakter laut yang diperbolehkan berenang (terdapat peringatan dilarang berenang di beberapa spot yang tidak diperbolehkan),
  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama (Sunset dan Sunrise),
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih,
  • Tersedia tim penyelamat wisata pantai (Lifeguard),
  • Jalan beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai di seluruh spot,
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona (Snorkeling),
  • Tedapat spot banana boat,

Wisatawan yang datang di Pangandaran dapat melakukan kegiatan yang beraneka ragam seperti Snorkling, Diving, Berperahu pesiar, Memancing, Surfing, Berenang, keliling dengan sepeda atau bahkan hanya bersantai menikmati suasana pantai baik sunrise morning, menikmati sunset, siang atau bahkan pantai di waktu malam dan lain-lain.

Selain itu, di Objek Wisata terdapat berbagai Fasilitas lengkap dari mulai Hotel & penginapan, lapangan parkir, ATM, kantor pos, bank, money changer, sepeda & sepeda motor serta aat transportasi lainnya, alat berenang seperti ban, pelampung dll, Bumi perkemahan serta fasilitas informasi dan keselamatan seperti Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata dan llifeguard.

Berikut selengkapnya terkait apa saja yang ada dan bisa Kamu nikamti di Pantai Barat Pangandaran dan Pantai Timur Pangandaran.

Pantai Barat Pangandaran

Pantai yang menjadi ikon wisata Pangandaran ini, selalu ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Daya tarik utama dari Pantai Pangandaran adalah Pantai Barat, Pantai Timur dan kawasan Kampung Turis.

Pantai Barat memiliki ombak yang tidak begitu besar dan hamparan pasir yang luas membentang di sepanjang sisinya. Oleh karena itu, Pantai Barat merupakan tempat favorit wisatawan untuk bermain air di tepian pantai, bermain boogie, menikmati keindahan sunset, menyewa sepeda/motor ATP, surfing atau hanya sekedar melepas lelah sembari meminum es dawegan (es kepala hijau).

Selain itu, wisata malam di Pantai Barat pun tak kalah menarik. Wisatawan dapat menyewa odong –odong (red- mobil gowes) untuk berkeliling kawasan wisata. Riuh tawa pecah ketika wisatawan harus mengayuh ekstra di jalan tanjakan. Tak hanya itu, kerlap – kerlip lampu odong-odong dan suara musik yang diputar pun semakin memeriahkan suasana wisata malam.

Pantai Timur Pangandaran

Berbeda dengan Pantai Barat, di Pantai Timur wisatawan dapat melihat sunrise ketika cuaca bersahabat dan bermain water sport seperti banana boat. Di kawasan ini, wisatawan juga dapat menemukan beragam tempat kuliner seafood dan olahan seafood goreng sebagai buah tangan untuk sanak keluarga atau sahabat di rumah.

Tak hanya itu, di pagi hingga siang hari wisatawan dapat melihat rutinitas masyarakat nelayan yang mencari ikan dengan menggunakan jaring ered. Sebuah kearifan lokal yang juga menjadi daya tarik wisata tentunya.

Kampung Turis Pangandaran

Sunset kampung turis pangandaran jawa barat

Setelah berkeliling Pantai Barat dan Pantai Timur, kurang lengkap rasanya jika kalian tidak mampir ke area Kampung Turis. Disini terdapat caffe dan rumah makan dengan konsep alami yang dapat dilihat dari bangunannya yang menggunakan bambu dan bentuknya yang unik.

Menu yang disajikan pun beragam dari menu Asia hingga Eropa. Kawasan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada malam hari, khususnya malam Minggu. Kemeriahan malam pun semakin lengkap dengan iringan live music yang ditampilkan oleh masing-masing caffe.

Pantai Pasir Putih & Cagar Alam Pangandaran

Masih berada satu kawasan dengan Pantai Pangandaran, Taman Wisata Alam (TWA) Cagar Alam Pangandaran dapat diakses melalui pintu masuk jalur Pantai Barat maupun Pantai Timur Pangandaran.

Di sisi lain, wisatawan juga dapat menyewa perahu dari Pantai Barat Pangandaran menuju Pantai Pasir Putih Cagar Alam Pangandaran.

Memasuki kawasan Cagar Alam, wisatawan dapat melihat keragama flora fauna seperti Kera Ekor Panjang, Lutung, Rusa, Kalong, Landak Jawa, Biawak dan Bunga Raflesia serta beragam peninggalan sejarah seperti Situs Batu Kalde, Situs Gua Parat, Situs Batu Meja, Goa Jepang, Goa Lanang, Goa Panggung dan Pemandian Cirengganis.

Selain daya tarik flora fauna dan budaya, wisatawan juga dapat melalukan snorkeling di area Pantai Pasir Putih.

Pantai Pasir Putih merupakan spot selfie favorit wisatawan dan sering dijadikan sebagai lokasi foto preweding maupun shooting film.

Salah satu spot foto yang disukai wisatawan dan instagramable adalah bangkai kapal penangkap ikan yang ditenggelamkan oleh Ibu Susi Pudjiastuti yang sewaktu itu menjabat sebagai Menteri Kelutan dan Perikanan Republik Indonesia.

Keindahan pasir putih dan serunya snorkeling di kawasan ini membuat wisatawan betah untuk berlama-lama disini.

Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Untuk Kamu yang berniat berwisata ke Pantai Pangandaran, berikut kami informasikan harga tiket masuk Pantai Pangandaran Update Tahun 2022 untuk pejalan kaki, sepeda motor, mobil minibus, bus dll.

Orang/KendaraanHarga Tiket
Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 10.000,-
Sepeda MotorRp. 20.000,-
Jeep/Sedan Rp. 60.000,-
Mini Bus kecil Rp. 95.000,-
Minibus BesarRp. 135.000,-
Bus KecilRp. 205.000,-
BUS Sedang Rp. 295.000,-
BUS BesarRp. 515.000,-

Untuk yang ingin mengunjungi pantai pasir putih di Pantai Pangandaran, kamu harus masuk area Cagar Alam Pangandaran. Berikut Kami informasikan tiket masuk Cagar Alam Pangandaran.

OrangHarga Tiket
1 OrangRp. 20.000,-
Sewa SenterRp. 10.000,-

Fasilitas Objek Wisata Pangandaran

Seperti yang telah diulas di awal, Fasilitas wisata bagi para Wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran sudah komplit tersedia dari mulai Fasilitas Hotel & Penginapan hingga pondok, Fasilitas parkir, hotel dan restoran serta fasilitas penunjang untuk aktifitas anda berwisata menikmati wisata pangandaran dan keamanan serta keselamatan anda.

Memang tidak semua tersebar di setiap destinasi wisatanya, akan tetapi pada dasarnya Fasilitas-Fasilitas tersebut tersedia di destinasi utama dan bebererapa destinasi lainnya.

Anda jangan khawatir karena semuanya telah tersedia baik untuk aktifitas wisata di siang hari atau malam hari.

Apakah Pantai Pangandaran Aman?

Pantai Pangandaran memiliki beberapa aspek dalam soal menjaga keamanan para Wisatawan. Di pantai pangandaran terdapat petugas “Jaga Lembur” yaitu petugas yang tersebar menjaga keamanan dan berpatroli di wilayah Pantai Pangandaran.

Untuk kamu yang berenang dan aktifitas lainnya di pantai, ada petugas penjaga pantai yang terus memantau dan siap melakukan penyelamatan saat ada pengunjung yang terseret arus atau insiden lainnya di pantai.

Petugas keamanan dari kepolisian dan satpol PP pun ada di beberapa titik di seputaran pantai pangandaran untuk menjaga keamanan.

Dan untuk kamu yang takut hiu, tenang sob, tak ada hiu di pantai pangandaran. Di pantai pangandaran juga telah dilengkapi tanda atau rambu dimana spot yang boleh berenang dan spot yang dilarang berenang.

Aktifitas Yang Bisa Kamu Lakukan Di Pantai Pangandaran

Seperti yang sudah di informasikan di awal, Wisatawan yang datang berkunjung ke Pangandaran dapat melakukan kegiatan yang beraneka ragam.

Khusus untuk destinasi Pantai Pangandaran yaitu untuk Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran, berikut adalah beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan dan nikmati keseruan serta keindahannya.

Aktifitas yang bisa kamu lakukan:

  1. Snorkling
  2. Diving
  3. Berperahu pesiar
  4. Memancing
  5. Surfing
  6. Berenang
  7. Keliling dengan sepeda
  8. Bersantai menikmati suasana pantai
  9. Menikmati sunrise morning
  10. Menikmati sunset
  11. Wisata kuliner (sea food, dll)
  12. Menikmati Pantai Suasana Malam

Untuk kamu yang berencana berkunjung ke pangandaran, selamat menikmati liburan dan yang sedang berencana, share artikel ini untuk ajak temanmu ke Pantai Pangandaran.

Waktu Yang Tepat Berkunjung Ke Pantai Pangandaran

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Pangandaran adalah musim kemarau, karena ketika musim hujan turun maka kamu tidak bisa mengeksplore semua aktifitasnya.

Untuk mengetahui informasi cuaca wilayan Pantai Pangandaran, kamu bisa cek di informasinya di Info Pangandaran Hari Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *