Aquarium Pangandaran (PIAMARI), Akuarium Raksasa di Pangandaran

Pangandaran Aquarium (PIAMARI), Giant Aquarium in Pangandaran

Aquarium Pangandaran (PIAMARI)
Aquarium Pangandaran (PIAMARI)

Aquarium Pangandaran – Tahukah kamu jika Pangandaran memiliki Aquarium Pangandaran atau Aquarium PIAMARI namun belum juga dibuka karena belum mendapatkan izin resmi dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

Belum banyak yang tahu jika di pangandaran terdapat satu Aquarium raksasa yaitu aquRIUM piamari (Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institut) atau yang sering disebut Aquarium Pangandaran.

Tempat ini belum banyak yang tahu karena belum dibuka hingga saat ini karena belum mendapatkan izin resmi dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

Dilansir dari Ruber.id, Koordinator Pelayanan Teknis Piamari Barmawanto mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan dibukanya wisata edukasi berbentuk akuarium raksasa itu.

“Sampai saat ini belum ada izin resmi pembukaan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI,” katanya disela-sela pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun pada Kamis (13/1/2022).

Lokasi Aquarium Pangandaran (PIAMARI)

Lokasi aquarium Pangandaran berada di kawasan Pelabuhan Ikan Cikidang Babakan, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Di kawasan pelabuhan ini juga terdapat spot baru yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu jembatan merah atau jembatan cikidang Pangandaran.

Wahana yang Ditawarkan di Akuarium Pangandaran

Di aquarium Pangandaran, ada 4 wahana yang ditawarkan jika tempat ini kemudian dibuka untuk umum.

Dilansir dari ruber.id, PIAMARI akuarium atau aquarium Pangandaran memiliki 4 wahana yang ditawarkan. Yang pertama adalah akuarium silinder atau schooling aquarium.

Berbentuk tabung setinggi 7 meter dengan diameter 5 meter. Akuarium ini diisi air laut dan dihuni oleh ikan-ikan kecil bergerombol.

Yang kedua ada akuarium utama atau theatre aquarium. Dengan kaca depan berbentuk cekung, akuarium ini memiliki dimensi tinggi 4,2 meter, lebar 10 meter dan panjang 32,5 meter.

Akuarium ketiga adalah akuarium terowongan atau tunnel aquarium. Inilah akuarium yang disebut-sebut sebagai akuarium terpanjang di dunia.

Tunnel aquarium ini memiliki dimensi tinggi 3 meter, lebar 3 meter dan panjang 48 meter. Panjangnya akuarium ini melebihi panjang akuarium serupa yang ada di Portugal.

“Wahana yang keempat adalah kolam sentuh atau touch pool. Ini adalah kolam yang diisi penyu dan spesies sejenisnya. Jadi pengunjung bisa menyentuh langsung satwa itu” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *